Home disini
widget by sy@ms

Latest Posts

Jenis-Jenis Trojan

JENIS-JENIS TROJAN

Trojan seperti halnya virus, memiliki jumlah yang sangat banyak dan berkembang seiring dengan berjalanya waktu. Terdapat kurang lebih 650 buah trojan yang telah beredar saat ini. Pendapat lain mengatakan bahwa di tahun ini sudah terdapat ribuan trojan. Jumlah tersebut adalah jumlah yang diketahui atau terdeteksi keberadanaya, sedangkan yang tidak terdeteksi tidsk diketahui jumlahnya.

Dari berbagai macam trojan yang telah tersebar dan menginfelksi pemakai internet, dapat diklasifikasikan menjadi 8 jenis, antara lain sebagai berikut :

1. Trojan Remote Access
Ini termasuk paling populer saat ini. Banyak penyerangan saat ini dengan alasan fungsi yang banyak dan sangat mudah dalam penggunaanya. Prosesnya adalah menunggu seseorang menjalankan trojan yang berfungsi sebagai serve dan penyerang telah memiliki IP address korban, maka penyerang dapat mengendalikan secara penuh komputer orban.
Contoh jenis trojan ini adalah Back Orifice (BO), yang terdiri dari BOSERVE.EXEyang dijalankan di komputer korban dan BOGUI.EXE yang dijalankan oleh penyerang untuk mengakses komputer korban.
2. Trojan Pengirim Password
Tujuan dari jenis trojan ini adalah mengirim password yang berada dikomputer korban atau di internet ke suatu Email khusus yang telah disiapkan. Contoh password hyang disadap misalnya untuk ICQ, IRC, FTP, HTTP, atau aplikasi lain yang memerlukan seorang pemakai untuk masuk login dan password. Kebanyakan trojan ini menggunakan port 25 uuntuk mengirim Email. Jenis ini sangat berbahaya jika dalam komputer terdapat password yang sangat penting.
3. Trojan File Tranfer Protocol (FTP)
Trojan FTP adalah paling sederhana dan dianggap ketinggalan zaman. Satu-satunya fungsi yang dijalankan adalah membuka port 21 dikomputer korban yang mempermudah seseorang memiliki FTP client untuk memasuki komputer korban tanpa password serta melakukan download atau upload file.
4. Keylogger
Keylogger adalah termasuk kedalam jenis trian yang sederhana, dengan fungsi merekam atau mencatat ketukan tombol saat korban melakukan pengetikan dan penyompanan dalam logfile. apabila diantara ketukan tersebut adalah mengisi user name dan password, maka keduanya dapat di peroleh penyerangan dengan membac logfile. Trojan ini dapat dijalankan pada saat komputer online maupun offfline. Trojan ini dapat mengetahui korban sedag online dan merekam segala sesuatunya. Pada saat offline, proses perekaman dilakukan setelah Windows dijalankan dan disimpan dalam hardisk korban dan menunggu saat online untuk melakukan trnsfer atau diambil oleh penyerang.
5. Trojan Penghancur
Fungsinya dalah menghancurkan dan menghapus file. Jenis ini sangat sederhana tetapi sangat membahayakan, skali terinfeksi dan tidak bisa melakukan penyelamatan , maka sebagian atau bahkan semua file system akan hilang. Trojan ini secara otomatis menghapus semua file system pada komputer korban.
Sebagai contoh : *.dll, *.ini, atau *.exe.
Trojan diaktifkan oleh penyerang atau bekerja seperti sebuah logic bomb dan mulai bekerja dengan waktu yang ditentukan oleh penyerang.
6. Trojan Denial of Service (DoS) Attack
Trojan ini sangat populer yang memiliki kemampuan untuk menjalankan Distributed DoS (DDoS), jika memiliki korban yang cukup. Gagasan utamanya adalah jika penyerang memiliki 200 korban pemakai ADSL yang telah terinfeksi, kemudian mulai menyerang korban secara serempak. Hasilnya adalah lalu lintas data yang sangat padat karena permintaan yang bertubi-tubi dan melebihi kapasitas band width korban. Ha tersebut menyebabkan akses internet menjadi tertutup. Wintrinoo asdalah suatu tool DDoS yang populer baru-baru ini. Jia penyerang telah menginfeksi pemakai ADSL, maka beberapa situs utama internet akan collaps.

Variasi yang lain dari sebuah trojan DoS adalah trojan mail-bomb. Tujuan utamanya adalah untuk menginfeksi sebanyak mungkin koputer dan melakukan penyerangan secara serempak ke alamat Email yang spesifik maupun alamat lain yang spesifik dengan target yang diacak dan muatan/isi yang tidak dapat disaring.
7. Trojan Proxy/Wingate
Bentuk dan corak yang menarik diterapkan oleh pembuat trojan untuk mengelabui korban dengan memanfaatkan suatu proxy/wingate server yaang disediakan untuk seluruh dunian atau hanya untuk penyerang saja. trojan ini digunakan pada Telnet yang tanpa nama, ICQ, IRC, dan untuk mendaftarkan domain dengan nomor kartu kredit yang telah dicuri sewrta untuk aktivitas lain yang tidak sah.
Trojan ini melengkapi penyerang dengan keadaan tanpa nama dan memberikan kesempatan untuk berbuat segalanya terhadap komputer koran dari jejak yang tidak dapat di telusuri.
8. Software Detection Killer
Beberapa trijan telah dilengkapi dengan kemampuan melumpuhkan fungsi software pendeteksi, tetapi ada juga program yang berdiri sendiri dengan fungsi yang sama.
Contoh software pendeteksi yang dapat dilumpuhan fungsinya adalahh Zone Alarm, Norton Anti Virus, dan program antivirus/firewall yang lain. Ketika softwae pendeteksi dilumpuhkan,penyerang memiliki akases penuh pada komputer korban, melaksanakan beberapa aktivitas yang tidak sah, dan menggunakan komputer korban untuk menyerang komputer yang lain.

Salam senyum dariku untuk semuanya, tetaplah untuk bersemangat. Jangan lupa Comment atau isi buku tamu ya sob. Sedikit pemberitahuan untuk sobat yang ingin mengambil [Copy-Paste], Owner tidak melarang sobat untuk memperbanyak artikel namun Owner berharap sobat berlaku dengan bijak agar mencantumkan link active maupun yang tidak. Owner berharap partisipasinya ya sob.



0 komentar:

Jam Sekarang
Tanggal
Salam Sapa :
Status Blogging :

*ket. status : Terjadwal : Berarti yang punya blog tidak bisa berinternet [ More... ]





sy@ms
skyNET program


Join the conversation for skyNET program

 
 free web counter Counter Powered by  RedCounter

© 2011 || Copyright by sy@ms || Thanks for skyNET program All Reserved

Technology Blogs TopOfBlogs Top Blogs Internet Internet Blogs Phil Backlink Display Pagerank
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
USA Backlinks Free Backlinks Service at USABacklinks.com! Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo My Ping in TotalPing.com ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free