Home disini
widget by sy@ms

Latest Posts

Serang Virus Melalui Temporary Internet Files

SERANG VIRUS MELALUI TEMPORARY INTERNET FILES

Malware, yang sudah di kenal hampir semua orang yang mengenal komputer, sekarang tidak harus diklik untuk masuk dan menginfeksi komputer, karena canggihnya file-file tersebut ditaruh dalam bentuk extension yang berbeda. Maksudnya, didalam website yang terinfeksi atau sengaja untuk menginfeksi ditanam file-file script yang extensionnya tidak lazim, misalnya jpg , tmp, gif dan lain-lain. Sehingga bila kita browsing (meng-akses website tersebut), di temporary internet kita akan terdapat file-file yang kalau dilihat secara extension hanya file pada umumnya, misalnya jpg dan gif (file gambar). Tapi pada kenyataannya file tersebut mungkin berextension dll, sys, cmd, bat atau inf, yang mana file tersebut sangat berbahaya bila berisi script ataupun perintah yang jahat.

Untuk itu kita tidak cukup bila hanya menggunakan anti Virus, karena anti Virus kebanyakan hanya mendeteksi files process, ataupun file yang berjalan di system komputer.

Jadi anti Virus tidak mendeteksi adanya bahaya mengancam yang terdapat di temporary internet files.Sehingga untuk yang sering membuka internet (browsing), sangat dianjurkan memakai software yang spesialis dibidang malware, misalnya Protector plus, malware removal dan lain-lain.

Untuk penanganan manual kita bisa:

  • Membersihkan temporary internet files, caranya :
Untuk Internet Explorer, kita buka IE (internet explorer),
Tool --> internet options --> delete dan silakan dihapus baik cookies, maupun file temporary internet lainnya (history, offline content).
Kalau Mozilla kita bisa tekan Ctrl+Shift+Del , centang semua lalu pilih bersihkan data.
  • Rubah extension file default system dengan memilih open lain (misalnya : reg open defaultnya regedit kita ganti notepad juga vbs , js , wsf , cmd, eml dll ).
  • Setting browser untuk menghapus history secara otomatis bila kita tidak mau susah untuk manual hapus temporary file internet.
  • Gunakan software yang berfungsi menghapus file yang tidak berguna , misalnya cleaner sekaligus untuk maintenance seperti Advance System Care….
  • Gunakan juga software yang bisa untuk memonitor file startup dan files processes misalnya Usb disk security , dan hentikan ( hapus startup file yang mencurigakan ) . Ini juga bisa diakses dengan cara ketik msconfig di menu Run dan klik tab startup.Lalu hilangkan cek list( hilangkan centang ) pada file yang mencurigakan / tidak diperlukan.
  • Gunakan Deepfreeze software untuk melindungi komputer yang sering untuk internet, karena deepfreeze akan kembali ke settingan semula bila direstart. Tapi bila akan membuka deepfreeze , sebelum membuka saya anjurkan untuk menscan semua drive .Karena bila ada Virus yang berada di drive D ataupun drive lain bisa meng-infeksi partisi yang dideepfreeze.
  • Gunakan Windows Vurnerability Scanner , untuk mendeteksi Kelemahan system anda .Dan silakan di download patch Windowsnya sesuai windowsnya (Sp 1, sp 2, sp3, server, dll)lalu diinstall.

    Mungkin segini dulu , semoga bisa bermanfaat… :)

    Tetaplah tersenyum
    Salam senyum dariku..

    Salam senyum dariku untuk semuanya, tetaplah untuk bersemangat. Jangan lupa Comment atau isi buku tamu ya sob. Sedikit pemberitahuan untuk sobat yang ingin mengambil [Copy-Paste], Owner tidak melarang sobat untuk memperbanyak artikel namun Owner berharap sobat berlaku dengan bijak agar mencantumkan link active maupun yang tidak. Owner berharap partisipasinya ya sob.



    0 komentar:

    Jam Sekarang
    Tanggal
    Salam Sapa :
    Status Blogging :

    *ket. status : Terjadwal : Berarti yang punya blog tidak bisa berinternet [ More... ]





    sy@ms
    skyNET program


    Join the conversation for skyNET program

     
     free web counter Counter Powered by  RedCounter

    © 2011 || Copyright by sy@ms || Thanks for skyNET program All Reserved

    Technology Blogs TopOfBlogs Top Blogs Internet Internet Blogs Phil Backlink Display Pagerank
    Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
    USA Backlinks Free Backlinks Service at USABacklinks.com! Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo My Ping in TotalPing.com ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free